Apakah Anda Sudah Membersihkan Botol Anda Dengan Benar??

October 26, 2015

Apakah Anda sering merasa seperti Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk membersihkan botol bayi Anda dari menggunakan mereka? Berikut adalah cara untuk meminimalkan waktu membersihkan sekaligus menjaga botol aman untuk si kecil lapar Anda.
 

Bagaimana untuk membersihkan botol bayi yang benar?
 

Apakah Anda menyusui dengan susu formula atau memerah ASI, Anda akan segera merasa seperti wastafel dapur adalah teman Anda dan musuh - terutama selama tahap bayi baru lahir yang akan membutuhkan asupan sepanjang hari. Pentingnya untuk membersihkan botol dengan benar dan  bersih sehingga si kecil dapat menikmati asupan makan dan minumnya dengan aman dan memiliki pengalaman bersantap yang menyenangkan.

 

Membilas dengan air putih atau menggunakan kembali botol yang kotor dapat menyebabkan penumpukan kuman dan bakteri berbahaya yang tumbuh subur dalam susu sisa dan air liur. Hal ini dapat menyebabkan bayi (yang sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan saluran pencernaan) sakit dengan masalah perut seperti diare atau infeksi bakteri. Tapi jangan khawatir, membersihkan botol yang dengan baik tidak lah sulit. Ikuti tips ini untuk memberikan si kecil yang aman, bersih dan bebas khawatir botol-makan pengalaman.

 

PENGGUNA BOTOL BARU


Setelah Anda membeli botol yang baru, pastikan untuk membersihkan botol Bunda dengan bersih sebelum menggunakannya. Cobalah salah satu dari dua pilihan ini:

 

 

1. Rebus: Didihkan air beserta bagian botol bayi anda sampai air mendidih dan biarkan mendidih selama lima menit. Lalu, keringkan dan ikuti dengan metode pembersihan sabun, yang ditunjukkan di bawah.


2. Kukus: Beberapa produk memungkinkan Anda untuk membersihkan botol Anda dan aksesoris dengan sistem uap dalam microwave untuk membunuh bakteri, meskipun mendidih sama efektifnya dan tentunya gratis. Pastikan botol bayi anda dapat di masukan kedalam microwave. 


MEMBERSIHKAN BOTOL BAYI 

 

Berinvestasi pada produk-produk tertentu untuk membersihkan perlengkapan bayi Anda akan sangat membantu Bunda untuk membersihkan botol lebih mudah dan bersih.  

 

Sikat Botol dan Puting

Mencari spons biasa yang dapat membersihkan semua sudut dari celah botol bayi Anda tidak lah muda. Anda harus mencari sikat botol dan puting khusus untuk membersihkan botol bayi anda. Pastikan untuk menggunakan sikat botol hanya untuk botol bayi Anda yang dapat menjangkau daerah daerah botol yang susah dijangkau. Jangan gunakan sikat atau spons untuk mencuci piring kotor Bunda untuk menghindari kontaminasi pada botol bayi Bunda.

 


 

Sabun

Dengan begitu banyak pilihan sabun di rak-rak, mungkin sulit untuk memilih mana yang tepat untuk Anda dan bayi Anda. Tidak ada jenis tertentu dari sabun lebih baik daripada yang lain, tapi, sabun non-beracun alami dapat membuat Bunda merasa lebih tenang. 

Mencari sabun bebas kimia yang tidak mengandung fosfat, phthalates, sulfat atau wewangian buatan atau pewarna. Periksa label bahan produk, yang akan daftar bahan-bahan atau menyebutkan bahwa produk tersebut bebas dari bahan-bahan tersebut. Anda dapat melewatkan sabun antibakteri, yang belum terbukti lebih baik untuk menyingkirkan kuman dan kotoran.


Pengeringan Rak

Botol bayi Anda harus benar-benar kering tanpa penumpukan kelembaban ekstra antara menggunakan untuk memastikan kiri ada bakteri ketika Anda menggunakannya berikutnya. Sebuah rak meja pengeringan adalah cara mudah untuk mendapatkan botol benar-benar kering dan cepat. 
 

Cara membersihkan lain yang efektif adalah mesin pencuci piring Anda - yang, seperti sterilisasi uap botol, dapat membunuh bakteri bila digunakan dengan air panas di atas 140 derajat. Selama botol Anda diindikasikan aman untuk dicuci pada pencuci piring (harus dilihat pada kemasan), pergi ke depan dan mencucinya di rak atas.

 

TEKNIK MEMBERSIHKAN 


Botol bayi harus segera dibersihkan setelah setiap penggunaan. Hindari membiarkan botol dengan sisaan susu, yang dapat mendorong pertumbuhan dan multiplikasi bakteri dari susu dan dari mulut bayi Anda sendiri, sehingga lebih sulit untuk membersihkan.

Untuk mendapatkan botol bayi Anda berkilau bersih, mulai dengan mendapatkan tangan Anda sendiri bebas kuman dengan mencuci dengan sabun biasa (tidak perlu untuk sabun antibiotik). Pisahkan setiap bagian dari botol (top dari botol, puting dari atas), dan menggunakan air hangat dengan sikat sabun untuk benar-benar menggosok setiap bagian selama 15 detik setiap. Bilas di bawah air cukup lama untuk menghapus semua jejak sabun. Menempatkan masing-masing bagian pada rak pengeringan Anda dan hindari menggunakannya lagi sampai botol anda benar-benar kering.

 

Referensi: http://www.whattoexpect.com/first-year/clean-baby-bottles/

 

Please reload

Featured Posts

Nano Ice Gel Antibakteri- Aman dan Tahan Lama

August 3, 2015

1/2
Please reload

Recent Posts

March 14, 2016

February 19, 2016

February 3, 2016