Simpan ASI Segar Bunda Dengan Cara yang Tepat.

November 17, 2015

Berikut ini adalah panduan untuk menyimpan ASI segar dengan baik berdasarkan tempat, suhu dan jangka waktu:

 

Pembekuan yang lama (lebih dari 6 bulan) dapat mengubah komposisi kimia ASI, seperti terjadi penguraian beberapa senyawa lemak dan hilangnya beberapa senyawa yang berfungsi melawan organisme berbahaya. Risiko kontaminasi juga tinggi, jika tiba-tiba listrik padam sehingga susu cair dan dibekukan kembali.  

 

 

Tas ASI Little Baby- Tahan lebih lama dan Waterproof, mudah diberishkan. Dilengkapi dengan botol kaca dengan tutup yang rapat sehingga aman digunakan. COCOK UNTUK TRAVELING.  

 

 

PERHATIKAN:

 

 

Menyiapkan dan Menyimpan ASI:

 

1. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum mengungkapkan atau penanganan ASI.

2. Ketika memerah susu, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah bersih, seperti botol dengan tutup sekrup, gelas plastik keras dengan tutup yang ketat. Hindari menggunakan tas penyimpanan plastik biasa (pakailah kantong khusus ASI) atau tas botol susu formula, karena ini bisa dengan mudah bocor atau tumpah.

 

3. Berikan label pada wadah ASI anda dengan nama dan tanggal penyimpanan.

4. Pakailah ASI dengan tanggal tertua.

5. Jangan tambahkan susu segar atau mecampur ASI yang sudah beku dan disimpan pada wadah.

6. Jangan menyimpan kembali susu sisa dari botol bekas untuk menyusui anak anda kembali atau ASI yang telah dihangatkan tidak boleh didinginkan lagi untuk diberikan pada bayi di waktu minum berikutnya.

 

 

References:

Academy of Breastfeeding Medicine. (2010) ‘ Clinical Protocol Number #8: Human Milk Storage Information for Home Use for Healthy Full Term Infants’, Breastfeeding Medicine. 5 (3): 127-130.

 

Center for Disease Control and Prevention (2010). Proper Handeling and Storage Human Milk. Available at:  http://www.cdc.gov/breastfeeding/recommendations/handling_breastmilk.htm [ 17 November 2015].

 

 

 

Please reload

Featured Posts

Nano Ice Gel Antibakteri- Aman dan Tahan Lama

August 3, 2015

1/2
Please reload

Recent Posts

March 14, 2016

February 19, 2016

February 3, 2016