Mengapa Breastfeeding itu Penting??

February 3, 2016

 

 

Tahukah ibu, tidak ada susu formula yang bisa menandingi kandungan gizi pada ASI? Ya, Air Susu Ibu memiliki kelengkapan nutrisi mulai dari protein hingga zat yang dibutuhkan untuk perkembangan si bayi. ASI juga memiliki kandungan antibodi yang sangat penting untuk melindungi buah hati dari berbagai macam virus. Ingin tahu alasan lain mengapa breastfeeding itu penting? Yuk, disimak!

 

  • Menurunkan resiko alergi

Riset membuktikan bahwa bayi yang diberi ASI ekslusif selama 6 bulan pertama memiliki resiko alergi yang lebih kecil dibandingkan bayi yang mengkonsumsi susu formula. Selain itu, bayi juga jarang dibawa ke dokter akibat infeksi, asma, masalah pencernaan, bahkan kematian mendadak.

 

  • ASI mengandung colostrum

Colostrums bagaikan cairan ‘emas’ untuk si bayi karena sangat kaya dengan nutrisi termasuk antibodi. Colostrum adalah cairan susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu dalam waktu 24-36 jam setelah melahirkan, cairan kolostrum berwarna kuning dan kental. Colostrum juga membantu pencernaan si bayi agar berfungsi dengan baik. Setelah 3-5 hari pasca melahirkan, colostrum berubah menjadi ASI dengan kandungan lemak, gula dan protein yang tepat untuk buah hati Anda.

 

  • ASI lebih mudah dicerna ketimbang susu formula

Meski sama-sama berbentuk cairan, namun ASI lebih mudah dicerna oleh bayi yang baru saja dilahirkan. Susu formula yang bersumber dari susu sapi cenderung ‘lebih berat’ sehingga pencernaan bayi harus menyesuaikan terlebih dahulu.

 

  • Asupan ASI dapat menyesuaikan kebutuhan bayi

Tanpa disadari, memberikan susu formula pada bayi selalu menyesuaikan takaran sebuah botol. Padahal dengan ASI, bayi bisa belajar untuk berhenti makan setelah kenyang bukan setelah botol kosong.

 

  • Mengurangi resiko kegemukan

Bagi para ibu, pemberian ASI membakar kalori yang cukup banyak dan membuat tubuh mengeluarkan hormone oxytocin. Hormon ini membantu rahim agar dapat kembali ke ukuran yang semula.

 

  • Memperkuat ikatan

Sentuhan-sentuhan lembut secara fisik dari ibu untuk anak sangat penting. Bayi akan merasakan kehangatan dan kenyamanan karena pelukan ibu dan bagi ibu – sentuhan-sentuhan hangat ini pun bisa membuat tubuh rileks demi kelancaran ASI.

 

Breastfeeding sangat disarankan untuk 6 bulan pertama setelah melahirkan. Setelah itu, penambahan nutrisi lain seperti susu formula baru dianjurkan.

 

Semoga artikel ini membantu Bunda! ~ GO BREASTFEEDING 

                                Kantong ASI Little Baby- pilihan Bunda untuk menyimpan ASI. 

 

 

 

Please reload

Featured Posts

Nano Ice Gel Antibakteri- Aman dan Tahan Lama

August 3, 2015

1/2
Please reload

Recent Posts

March 14, 2016

February 19, 2016

February 3, 2016