TIPS & TEKNIK UNTUK FOTO BAYI BARU LAHIR- Buatlah Berkesan!

February 3, 2016

 

Tentunya Bunda semua ingin mengabadikan foto sang buah hati yang baru lahir, ketika sedang lucu-lucunya. Foto-foto yang dapat dijadikan kenangan dan juga sebagai tolak ukur perkembangan buah hati kita. Berikut ini beberapa Tips dan juga teknik yang dapat di lakukan untuk menghasilkan foto-foto yang mengesankan!

 

TIPS1. PRIORITASKAN KESELAMATAN BAYI ANDA

Tentunya selain menantikan hasil foto bayi lahir anda yang mengemaskan, Bunda harus memastikan dan memperhatikan bahwa bentuk pose atau  props yang digunakan adalah amaan untuk keselamatan buah hati Bunda.

 

TIPS 2. PASTIKAN BAYI ANDA DALAM POSISI YANG NYAMAN

Dalam fotografi bayi baru lahir, Anda biasanya akan mementingkan dua penampilan yaitu saat tidur dengan damai atau saat sedang terbangun dengan bahagia. Jika bayi Bunda tidak nyaman, resikonya adalah bayi Bunda akan lebih mudah menjadi rewel, berpotensi menangis, dan secara keseluruhan menyebabkan waktu yang sulit bagi semua orang yang terlibat dalam pengambilan gambar. 

 

TIPS 3. MEMILIH WAKTU FOTO YANG TEPAT UNTUK BAYI ANDA 

Bayi yang baru lahir dengan jangka waktu min 14 hari sangat cocok untuk melakukan photo shoot bayi baru lahir karena pada masa-masa ini sang bayi akan lebih banyak tidur sehingga memudahkan pengambilan gambar. Pastikan untuk melakukan foto shoot setelah tali pusar bayi anda lepas (sekitar lebih dari 5 hari setelah kelahiran).

 

TIPS 4:  DAPATKAN PROPS KREATIF UNTUK FOTO BAYI ANDA

Alat peraga yang kreatif dapat menjadi perbedaan antara foto profesional dan satu amatir. alat peraga yang baru lahir tidak harus mahal dan Bunda dapat menemukan sebagian besar dari apa yang Bunda butuhkan di rumah atau kerajinan lokal toko. Pertimbangkan untuk menggabungkan hobi orang tua, budaya mereka, warna favorit mereka, atau kepribadian mereka secara keseluruhan.

 

TIPS 5. FLEKSIBEL DALAM BEKERJA DENGAN BAYI ANDA

 

Bayi yang baru lahir memiliki jadwal sendiri-sendiri. Ketika mereka sedang rewel, pastikan untuk mengambil waktu Anda dan menunggu saja. Waktu pengambilan foto tidak akan mudah dan pastikan untuk merencanakan waktu yang cukup untuk mengambil foto bayi Bunda.

 

 

Berikut ini adalah teknik yang dapat Bunda coba:

 

 

1. JUST CLICK

 

 

Gerakan bayi tidak mudah untuk di prediksi, hal-hal seperti tangisan atau amukanya pun tidak dapat dikendalikan. Namun, jangan lah takut untuk memastikan untuk mengambil  beberapa shoot foto daripada menunggu pose bayi yang tepat atau sempurna karena diantara 30 pengambilan foto berturut-turut pasti akan menghasilkan suatu foto yang luar biasa.

 

Untuk kamera SLR

 

  • Untuk pengambilan pada sinar yang cukup, pilih ISO dari 100-400 dan menggunakan aperture lebar (f/2.8- f/8) untuk dangkal DOF (depth of field). Gunakan mode pengambilan gambar terus menerus (continuous shooting)  dalam beberapa detik.

 

Untuk Smartphones:

Tekan tombol kamera untuk mendapatkan beberapa gambar dalam beberapa detik. Namun untuk smartphones, terkadang gambar menjadi buram jika gerakan bayi. terlalu cepat.

 

2. PERHATIKAN CAHAYA PENGAMBILAN FOTO

 

 

Untuk pengambilan foto bayi terbaik, ambilah foto pada siang hari ketika ada banyak sinar matahari. Cahaya alami akan memberikan fokus lembut ke kulit bayi. Gunakan cahaya jendela, hindari matahari yang keras karena cenderung melemparkan bayangan dan juga tidak sehat untuk kulit bayi.

 

Tips Untuk kamera SLR:

Sebuah lensa standar 50mm sangat ideal. Aktifkan mode ke AV Mode (Aperture Priority), pilih ISO tinggi dan aperture lebar. Biarkan kamera memilih shutter speed yang benar. Menggunakan flash eksternal (dengan diffuser) untuk mengisi setiap bintik-bintik gelap.

 

 

3. DAPATKAN SENYUM NYA

 

 

Ketika memotret bayi, Anda mungkin perlu untuk "blaaaa" untuk memperoleh reaksi lucu dari buah hati anda. Hal ini dapat mencakup membuat wajah lucu, bermain petak umpet dari balik sepotong kain, atau membuat suara mengklik lucu. Ada begitu banyak cara Anda dapat membujuk senyum ke bibir bayi.

 

Tips Kamera:

Anda harus bekerja cepat untuk menangkap momen sehingga memilih kecepatan rana dari 1/500-an atau lebih, gunakan aperture lebar (f / 1.8-f / 4) untuk latar belakang kabur dan pengambilan gambar.

 

 

 

 

4. LATAR BELAKANG SIMPLE

 

 

Latar belakang yang simple dengan seyuman bahagia buah hati biasanya merupakan hasil gambar yang terbaik.  Sebuah cara yang bagus untuk mendapatkan foto yang terlihat profesional adalah untuk mendapatkan beberapa kain putih, abu-abu atau beige dan berbaring di atas dua kursi. Tempatkan kain dekat jendela besar dengan bayi di atasnya dengan beberapa mainan.

 

Tips Kamera:

 

Aktifkan mode ke modus AV (Aperture Priority) dan pilih aperture yang Anda inginkan. Jangan ragu untuk mendorong ISO jika cahaya jendela tidak sangat cerah. Spot meter pada wajah bayi dan fokus pada mata bayi.

 

 

5. BUAT FOTO BERKESAN

 

 

Untuk mengambil gambar kenangan yang berkesan cobalah untuk mengambil gambar ketika bayi terlibat dalam suatu kegiatan, atau dengan keluarga dan teman-teman. Saudara, terutama jika mereka dekat di usia dapat menambah minat ekstra untuk foto itu - membuat mereka bermain bersama, makan atau berinteraksi sebagai teman. Jangan mencoba untuk memaksa keramahan, biarkan anak-anak melakukan apa yang mereka lakukan. Mengambil foto dari latar belakang, sehingga tidak mengganggu mereka. Kursi anak-anak di daerah rapi yang memiliki banyak cahaya alami, seperti jendela besar. Gunakan pengaturan otomatis untuk memastikan Anda mendapatkan gambar yang tajam.

 

 

Pengaturan yang direkomendasikan :

 

Umumnya ketika bekerja dengan bayi, kita ingin mendapatkn hasil yang cepat dan tanpa ragu-ragu. Oleh karena itu penting untuk memilih kecepatan shutter speed/ atau ISO tinggi. Tidak ada yang lebih buruk daripada menangkap momen besar yang sedikit kabur karena shutter speed terlalu lambat. Dengan siang hari yang baik Anda ingin menggunakan 1/500-an kecepatan shutter speed. F / 5.6 dan lebih luas juga aturan praktis yang baik dalam hal aperture, memberikan tembakan tajam tanpa mengorbankan kecepatan rana.

 

Pengambilan foto bayi menawarkan kesempatan besar untuk menciptakan foto-foto indah dan berharga untuk bayi kita, meskipun mereka tidak berarti subjek yang mudah! Kita harus terbuka, ramah dan menyenangkan dalam pengambilan  foto buah hati kita. Jika Bunda canggung, bayi juga akan merasa sama. Juga, jangan lupa untuk mengajak seseorang untuk pengambilan foto bayi Bunda. Bayi merangkak, mereka menangis, mereka membutuhkan perubahan, dll pendamping atau pembantu akan membuat semua perbedaan sehingga Anda dapat fokus pada menangkap moment terbaik. SELAMAT MENCOBA, BUNDA ! ~

 

 

 

 

Source: 

 

http://www.exposureguide.com/photographing-babies.htm ( eng version)

https://www.slrlounge.com/newborn-photography-tips/ ( eng version)

 

 

 

 

 

 

 

 

Please reload

Featured Posts

Nano Ice Gel Antibakteri- Aman dan Tahan Lama

August 3, 2015

1/2
Please reload

Recent Posts

March 14, 2016

February 19, 2016